Selamat Datang di website Pengadilan Negeri Pelaihari. Website ini dilengkapi akses difable. Silahkan anda block tulisan dan klik aykon speaker untuk mendengarkan   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di website Pengadilan Negeri Pelaihari. Website ini dilengkapi akses difable. Silahkan anda block tulisan dan klik aykon speaker untuk mendengarkan Powered By GSpeech
  • 051221048
  • 0812-7667-1980
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Mon-Fri 08.00-16.30

Ketua Pengadilan Negeri Pelaihari, Bapak Parulian Manik, S.H., M.H. Menghadiri Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Kelengkapan Berkas Perkara ke Mahkamah Agung RI dan Asistensi Pemenuhan Kelengkapan Pengiriman Berkas Perkara oleh Kepaniteraan Mahkamah Agung

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Bertempat di Ruang Sidang Cakra Pengadilan Tinggi Banjarmasin telah dilaksanakan Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Kelengkapan Berkas Perkara ke Mahkamah Agung RI dan Asistensi Pemenuhan Kelengkapan Pengiriman Berkas Perkara oleh Kepaniteraan Mahkamah Agung Republik Indonesia. Kegiatan tersebut dipimpin oleh Panitera Mahkamah Agung RI, Bapak Dr. Ridwan Mansyur, S.H., M.H. didampingi Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin, Bapak Dr. H. Gusrizal, S.H., M.Hum. dan diikuti oleh seluruh Hakim Tinggi, Hakim Adhoc Tipikor, Panitera, Panitera Muda, Panitera Pengganti, Ketua Pengadilan Negeri wilayah hukum Pengadilan Tinggi Banjarmasin dan Panitera wilayah hukum Pengadilan Tinggi Banjarmasin pada Selasa 23 Mei 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan guna melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kelengkapan berkas perkara yang dikirimkan ke Mahkamah Agung RI dalam upaya hukum kasasi dan peninjauan kembali secara elektronik sesuai PERMA Nomor 6 Tahun 2022.

Penelahaan berkas perkara adalah proses pengelompokan, identifkasi berdasarkan klasifikasi, status terdakwa ditahan atau tidak, dokumen elektronik, barcode serta upaya hukum yang diajukan, serta pengecekan dokumen fisik yang terdiri dari bundel A, bundel B dan memastikan terpenuhinya syarat formil dari upaya hukum yang diajukan.

Dalam pelaksanaan evaluasi ini dibahas permasalahan yang sering terjadi dalam pengiriman berkas diantaranya Bundel A tidak terkirim, lamanya berkas diterima di MA setelah tanggal Cap Pos Pengiriman, kekeliruan pengiriman berkas, penyusunan bundel berkas tidak sesuai dengan ketentuan, tidak disertakan dengan dokumen elektronik/ dokumen elektronik tidak bisa dibuka, surat kuasa kasasi tidak sesuai ketentuan, akta permohonan kasasi tidak sesuai ketentuan, dan banyak permasalahan lainnya.

Diharapkan setelah pelaksanaan monitoring dan evaluasi ini, permasalahan kelengkapan berkas perkara dapat teratasi sehingga mempercepat penanganan perkara di Mahkamah Agung.

Snapinstaapp_348331629_3480881608862867_7238156097229663426_n_1080.jpg - 101.22 kB

Snapinstaapp_348295894_301095165585705_8402891184731674701_n_1080.jpg - 83.70 kB

Snapinstaapp_348452670_557186093262204_935949389282135697_n_1080.jpg - 90.02 kB

Snapinstaapp_348432203_241332068476107_7399243460691690403_n_1080.jpg - 138.88 kB

Snapinstaapp_348605400_2098779093657830_6626754236556188155_n_1080.jpg - 104.43 kB

Snapinstaapp_349031051_204022079163765_2161437815425004918_n_1080.jpg - 102.90 kB


Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech