Selamat Datang di website Pengadilan Negeri Pelaihari. Website ini dilengkapi akses difable. Silahkan anda block tulisan dan klik aykon speaker untuk mendengarkan   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di website Pengadilan Negeri Pelaihari. Website ini dilengkapi akses difable. Silahkan anda block tulisan dan klik aykon speaker untuk mendengarkan Powered By GSpeech
  • 051221048
  • 0821-5462-7477
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Mon-Fri 08.00-16.30

INOVASI BERBASIS IT

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 
  1. NAMA INOVASI: SISTEM INFORMASI PIDANA TERPADU (SINAR)

 URAIAN INOVASI

SINAR, merupakan inovasi layanan hasil dari ide atau gagasan internal pengadilan berupa sebuah program aplikasi berbasis website yang dapat diakses melalui alamat https://sinar.ptsp-pnpelaihari.com. Proses administrasi perkara pidana yang dilakukan mulai dari pihak Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan, sampai dengan Rutan (Kemenkumham) akan menjadi semakin mudah dan cepat karena pengajuan proses layanan pengadilan terkait hal tersebut dapat dilaksanakan secara elektronik melalui aplikasi SINAR.

WhatsApp_Image_2022-03-09_at_090245.jpeg - 108.01 kB
  LATAR BELAKANG PENGEMBANGAN INOVASI

Dilatarbelakangi oleh faktor geografis wilayah Kabupaten Tanah Laut yang memiliki luas sekitar 3.631 KM2 terdiri dari 11 (sebelas) Kecamatan, 5 (lima) Kelurahan dan 130 (seratus tiga puluh) Desa, memberikan konsekuensi langsung terhadap akses pelayanan hukum pengadilan bagi pemangku kepentingan (stakeholders) dalam hal proses penegakan hukum pidana di wilayah Kabupaten Tanh Laut. Untuk beberapa wilayah misalnya, Penyidik yang berasal dari Tingkat Polsek yang berada di lokasi terjauh membutuhkan waktu tempuh sedikitnya 3 (tiga) jam untuk sampai ke lokasi Kantor Pengadilan Negeri Pelaihari ditambah dengan proses layanan yang juga membutuhkan waktu setidaknya 90 (sembilan puluh menit) dirasa perlu untuk disikapi secara strategis oleh Pengadilan Negeri Pelaihari.

 Selain itu, sebagai bentuk langkah inovatif menuju peradilan yang modern dan mampu menjawab tantangan yang ada di era saat ini, khususnya kebutuhan akan pelaksanaan proses layanan selama masa pencegahan penularan Coronavirus (Covid-19) SINAR hadir sebagai salah satu bentuk realisasi program kerja Tim Pembangunan Inovasi Pengadilan Negeri Pelaihari yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan para pengguna layanan yaitu pemangku kepentingan (stakeholders) khususnya para aparatur hukum dalam melaksanakan tugasnya di masa pandemi dalam hal proses penegakan hukum pidana di wilayah Kabupaten Tanah Laut.

 

  1. FUNGSI/PENGGUNAAN INOVASI

SINAR, memfasilitasi proses pengajuan layanan permohonan yang dilakukan oleh Pihak Kepolisian (Penyidik) dan/atau Pihak Kejaksaan (Penuntut Umum) atas Penetapan Izin/Persetujuan Sita, Izin/Persetujuan Geledah, perpanjangan penahanan (Dewasa dan Anak), dan Pendokumentasian Diversi,  bagi Tersangka Tindak Pidana dan/atau Anak Yang Berkonflik Dengan Hukum secara elektronik melalui sebuah sistem aplikasi;

Contoh tampilan Formulir Elektronik Pengajuan

Izin/Persetujuan Geledah oleh Penyidik

 WhatsApp_Image_2022-03-09_at_090306.jpeg - 70.17 kB

 

  1. DAMPAK LANGSUNG/TUJUAN PENGEMBANGAN INOVASI

Pasca pemberlakuan aplikasi SINAR, berdasarkan testimoni yang diperoleh dari pemangku kepentingan (stakeholders) diketahui bahwa terdapat peningkatan kualitas layanan pada Kepaniteraan Pidana Pengadilan Negeri Pelaihari khususnya dalam hal pengelolaan administrasi perkara pidana menjadi lebih efisien baik dari segi waktu dan biaya. Dengan meningkatnya kualitas layanan tersebut maka prinsip peradilan yang sederhana, cepat dan tidak berbiaya tinggi akan tercapai.

Selain itu, dengan adanya aplikasi SINAR maka sinergitas institusi penegak hukum serta integritas para aparatur hukum yang tergabung dalam Integrated Criminal Justice System (ICJS) khususnya terkait proses penegakan hukum pidana di wilayah Kabupaten Tanah Laut akan semakin meningkat dan terjaga.

2. SISTEM INFORMASI PERUBAHAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN (SIPADU)

 URAIAN INOVASI

Inovasi SIPADU ini merupakan hasil kerjasama antara Pengadilan Negeri Pelaihari Kelas II dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Laut sebagaimana tertuang dalam Kesepakatan Bersama tentang Pelayanan Terintegrasi Berbasis Teknologi Informasi Dalam Perubahan Dokumen Kependudukan Antara Pengadilan Negeri Pelaihari Kelas II Dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Kabupaten Tanah Laut yang telah ditandatangani antara Ketua Pengadilan Negeri Pelaihari Kelas II dengan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Laut;

Inovasi ini diciptakan untuk mengakomodir ketentuan pelaporan oleh masyarakat yang bermaksud mengubah dokumen kependudukannya berdasarkan salinan penetapan pengadilan negeri kepada kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat, sehingga dalam hal ini, untuk masyarakat di Kabupaten Tanah Laut yang bermaksud mengubah dokumen kependudukannya (“Pemohon”) dan telah mendapatkan salinan Penetapan Pengadilan Negeri Pelaihari Kelas II tidak perlu lagi melapor/datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Laut karena kewajiban pelaporan tersebut dapat dilakukan di kantor Pengadilan Negeri Pelaihari Kelas II dengan mengakses situs http://pelangi.dukcapil.tanahlautkab.go.id dengan username dan password milik Pengadilan Negeri Pelaihari Kelas II;

Halaman beranda aplikasi SIPADU yang dapat diakses pada situs: http://pelangi.dukcapil.tanahlautkab.go.id

Petugas PTSP dan staf kepaniteraan perdata akan membantu Pemohon untuk menginput data/informasi dan dokumen kelengkapan sebagai syarat perubahan dokumen kependudukan tersebut dan Pemohon dapat memilih untuk menerima/mengambil dokumen kependudukan yang telah diubah di kantor Pengadilan Negeri Pelaihari Kelas II, sehingga selain mendapatkan salinan Penetapan Pengadilan Negeri Pelaihari Kelas II, Pemohon juga langsung mendapatkan dokumen kependudukannya yang telah berubah, baik itu berupa Kartu Tanda Penduduk Elektronik, Kartu Keluarga, maupun Akta Kelahiran;

 WhatsApp_Image_2022-03-09_at_090334.jpeg - 51.98 kB

Gambaran proses kolaborasi layanan dalam perubahan dokumen kependudukan setelah penerapan aplikasi SIPADU

LATAR BELAKANG PENGEMBANGAN INOVASI

Dilatarbelakangi oleh faktor geografis wilayah Kabupaten Tanah Laut yang memiliki luas sekitar 3.631 KM2 terdiri dari 11 (sebelas) Kecamatan, 5 (lima) Kelurahan dan 130 (seratus tiga puluh) Desa, memberikan konsekuensi langsung terhadap akses pelayanan hukum pengadilan bagi masyarakat pencari keadilan (pengguna layanan) dalam hal proses perubahan data kependudukan di wilayah Kabupaten Tanah Laut. Untuk beberapa wilayah misalnya, masyarakat yang berasal dari lokasi terjauh membutuhkan waktu tempuh sedikitnya 3 (tiga) jam untuk sampai ke lokasi Kantor Pengadilan Negeri Pelaihari ditambah dengan proses layanan yang juga membutuhkan waktu setidaknya beberapa hari dikarenakan setelah dari pengadilan pemohon layanan harus menuju kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk menyerahkan produk penetapan pengadilan, oleh sebab itu dirasa perlu untuk disikapi secara strategis oleh Pengadilan Negeri Pelaihari.

Pada masa Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) saat ini, diperlukan berbagai cara untuk mencegah dan mengendalikan penyebaran COVID-19 yang salah satunya adalah dengan cara membatasi kerumunan orang dan mengakomodir pembatasan tersebut dalam bentuk inovasi aplikasi yang dapat diakses oleh siapapun, kapanpun, dan di manapun tentunya dengan tetap memperhatikan pemberian pelayanan publik yang prima;

Untuk mengakomodir hal tersebut dan sebagai perwujudan whole of government dalam memberikan pelayanan publik yang prima kepada masyarakat Kabupaten Tanah Laut terutama di masa pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), Pengadilan Negeri Pelaihari Kelas II dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Laut sepakat untuk memberikan pelayanan terintegrasi berbasis teknologi informasi dalam perubahan dokumen kependudukan bagi masyarakat di Kabupaten Tanah Laut yang bermaksud mengubah dokumen kependudukannya dan telah mendapatkan salinan Penetapan Pengadilan Negeri Pelaihari Kelas II;

FUNGSI/PENGGUNAAN INOVASI

Kewajiban pelaporan yang harus dilaksanakan oleh Pemohon kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Laut paling lambat 30 (tiga puluh) hari sejak diterimanya salinan penetapan Pengadilan Negeri Pelaihari dapat langsung diakomodir dengan adanya aplikasi SIPADU ini;

Dengan adanya aplikasi SIPADU, maka setelah sidang permohonan perubahan data/informasi dalam dokumen kependudukan selesai dilaksanakan dan hakim telah membacakan Penetapan-nya, Pemohon dengan bantuan Petugas PTSP dan staf kepaniteraan perdata menginput data/informasi dan dokumen kelengkapan sebagai syarat perubahan dokumen kependudukan tersebut dan Pemohon dapat memilih untuk menerima/mengambil dokumen kependudukan yang telah diubah di kantor Pengadilan Negeri Pelaihari Kelas II, sehingga selain mendapatkan salinan Penetapan Pengadilan Negeri Pelaihari Kelas II, Pemohon juga langsung mendapatkan dokumen kependudukannya yang telah berubah, baik itu berupa Kartu Tanda Penduduk Elektronik, Kartu Keluarga, maupun Akta Kelahiran;

 DAMPAK LANGSUNG/TUJUAN PENGEMBANGAN INOVASI

 Dengan diterapkannya inovasi SIPADU ini, maka dampak langsung/tujuan yang dapat tercapai adalah:

  1. Terciptanya sinergitas dan kolaborasi pelayanan terintegrasi antara Pengadilan Negeri Pelaihari dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Laut;
  2. Kemudahan layanan dalam proses perubahan dokumen kependudukan berdasarkan salinan Penetapan Pengadilan Negeri Pelaihari, yang tercapai karena;
    • terciptanya one stop service;
    • efektifitas waktu; dan
    • kemudahan layanan karena Pemohon dapat menerima dokumen kependudukan yang sudah diubah bersamaan dengan penerimaan salinan Penetapan Pengadilan Negeri Pelaihari;
  3. Mendukung kebijakan pemerintah dalam rangka pencegahan dan pengendalian penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19);

 

3. SISTEM INTEGRASI LAYANAN ERATERANG SAMPAI TINGKAT DESA (SINTESA)

URAIAN INOVASI

SINTESA, merupakan pengembangan atau optimalisasi inovasi standar layanan berupa aplikasi Surat Keterangan Elektronik (Eraterang) milik Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung R.I. sebagai Unit Kerja yang menaungi Satuan Kerja Pengadilan Negeri Pelaihari. Melalui program SINTESA, proses layanan terkait kebutuhan masyarakat akan Surat Keterangan Pengadilan dilaksanakan secara terintegrasi oleh Pengadilan dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Laut melalui Kecamatan, Kelurahan dan/atau Desa.

  WhatsApp_Image_2022-03-09_at_090657.jpeg - 79.06 kB

Contoh tampilan Aplikasi Eraterang

www.eraterang.badilum.mahkamahagung.go.id

 LATAR BELAKANG PENGEMBANGAN INOVASI

Dilatarbelakangi oleh faktor geografis wilayah Kabupaten Tanah Laut yang memiliki luas sekitar 3.631 KM2 terdiri dari 11 (sebelas) Kecamatan, 5 (lima) Kelurahan dan 130 (seratus tiga puluh) Desa, memberikan konsekuensi langsung terhadap akses pelayanan hukum pengadilan bagi masyarakat pencari keadilan (pengguna layanan) dalam hal permohonan penerbitan Surat Keterangan Pengadilan di wilayah Kabupaten Tanh Laut. Untuk beberapa wilayah misalnya, masyarakat yang berasal dari lokasi terjauh membutuhkan waktu tempuh sedikitnya 3 (tiga) jam untuk sampai ke lokasi Kantor Pengadilan Negeri Pelaihari ditambah dengan proses layanan yang juga membutuhkan waktu setidaknya 60 (enam puluh) menit dengan catatan semua dokumen persyaratan lengkap, oleh sebab itu dirasa perlu untuk disikapi secara strategis oleh Pengadilan Negeri Pelaihari.

Dari hasil pengamatan dan evaluasi yang dilakukan, adapun hal-hal lain yang juga melatarbelakangi pengembangan inovasi standar layanan Eraterang melalui program kerja SINTESA ini, yaitu:

  • Aplikasi Eraterang berbasis website, sehingga mengharuskan pengguna layanan memiliki gawai (smartphone/pc/laptop) yang terhubung dengan jaringan internet;
  • Sosialisasi Aplikasi Eraterang bertumpu pada sarana informasi yang disediakan pengadilan negeri, baik melalui media cetak, website dan akun media sosial resmi Pengadilan Negeri, sehingga masyarakat umum masih banyak yang belum mengetahui adanya layanan tersebut;
  • Mekanisme pendaftaran mandiri (online) melalui aplikasi bagi sebagian kalangan masyarakat masih di rasa menyulitkan, sebab faktor: teknis, penguasaan Teknologi Informasi, dan sebagainya.

Berdasarkan hal-hal tersebut, maka dalam rangka mendekatkan fungsi Lembaga Peradilan kepada masyarakat maka Pengadilan Negeri Pelaihari perlu melakukan optimalisasi inovasi standar layanan Eraterang melalui program SINTESA yang mampu menyentuh dan menjangkau masyarakat dengan tetap memperhatikan kultur masyarakat yang ada di wilayahnya sehingga masyarakat dapat merasakan bahwa Pengadilan Negeri Pelaihari benar-benar hadir khususnya untuk masyarakat Tanah Laut.

 FUNGSI/PENGGUNAAN INOVASI

SINTESA, merupakan Pelayanan Surat Keterangan Elektronik (Eraterang) Terintegrasi antara Pengadilan Negeri Pelaihari dengan Kecamatan, Desa dan/atau Kelurahan sewilayah hukum Kabupaten Tanah Laut. Surat Keterangan Pengadilan dimaksud meliputi jenis layanan:

  • Surat Keterangan Tidak Sedang Dinyatakan Pailit
  • Surat Keterangan Tidak Pernah Sebagai Terpidana
  • Surat Keterangan Tidak Sedang Dicabut Hak Pilihnya
  • Surat Keterangan di Pidana Karena Kealpaan Ringan atau Alasan Politik
  • Surat Keterangan Tidak memiliki Tanggungan Utang Secara Perorangan dan/atau Secara Badan Hukum yang Menjadi Tanggung Jawabnya yang Merugikan Keuangan Negara

Melalui SINTESA, Proses Layanan Surat Keterangan Terintegrasi meliputi:

  • Sosialisasi aplikasi Eraterang melalui sarana informasi milik Pemerintah Kabupaten Tanah Laut khususnya pada tingkat Kelurahan/Kecamatan;

Tujuan:

Meningkatkan Pengetahuan dan pemahaman masyarakat akan adanya fasilitas layanan pengajuan Surat Keterangan Pengadilan secara elektronik (Eraterang) tersebut.

  • Menyediakan asistensi layanan Eraterang di setiap tingkat Kecamatan, Kelurahan dan/atau Desa;

Tujuan:

Masyarakat yang tidak dapat mengakses aplikasi eraterang secara mandiri dapat mendatangi kantor Kelurahan/Kecamatan terdekat untuk mendapatkan bantuan/asistensi dari petugas.

Dengan demikian dapat mengurangi mobilitas masyarakat di wilayah Kabupaten Tanah Laut selama masa pandemi Covid 19 yang masih melanda.

  • Melaksanakan integrasi/kolaborasi proses layanan terkait kebutuhan masyarakat akan Surat Keterangan Pengadilan oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Laut melalui Kecamatan dan/atau Desa.

Tujuan:

Terciptanya Whole of  Government (WoG);

Suatu pendekatan penyelenggaraan pemerintahan dengan menyatukan upaya kolaboratif dari keseluruhan sektor dalam lingkup yang lebih luas guna mencapai tujuan, dalam hal ini khususnya di bidang Pelayanan Publik;

DAMPAK LANGSUNG/TUJUAN PENGEMBANGAN INOVASI

Pasca pemberlakuan SINTESA, berdasarkan testimoni baik yang diperoleh dari pemangku kepentingan (stakeholders) ataupun dari masyarakat umum pengguna layanan diketahui bahwa terdapat peningkatan kualitas layanan pada Kepaniteraan Hukum Pengadilan Negeri Pelaihari khususnya dalam hal proses pelayanan Surat Keterangan Pengadilan. Masyarakat yang bertempat tinggal jauh dari kantor pengadilan dan memiliki keterbatasan untuk menggunakan sistem aplikasi Eraterang akan semakin dimudahkan dengan adanya integrasi layanan ini, sehingga meningkatkan efektifitas penggunaan inovasi standar layanan Eraterang dan efisiensi proses layanan baik dari segi waktu dan biaya. Dengan meningkatnya kualitas layanan tersebut maka prinsip peradilan yang sederhana, cepat dan tidak berbiaya tinggi akan tercapai.

4. TANDATANGAN ELEKTRONIK TERSERTIFIKASI (DIGITAL SIGNATURE)

 Uraian Inovasi

Tanda Tangan Elektronik Tersertifikasi, merupakan inovasi yang dikembangkan Pengadilan Negeri Pelaihari untuk meningkatkan kualitas kinerja pelayanan dengan melakukan digitalisasi proses penandatanganan Dokumen Penetapan dan Surat Keterangan Pengadilan yang dikeluarkan oleh Ketua dan/atau Wakil Ketua Pengadilan Negeri Pelaihari. Proses digitalisasi tanda tangan elektronik dimulai dengan menjalin komunikasi dan koordinasi dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) selaku salah satu lembaga yang berwenang untuk menerbitkan sertifikasi tanda tangan elektronik di Indonesia sejak awal Tahun 2021.

Setelah melewati proses pendataan, perekaman data elektronik dan verifikasi yang dilaksanakan oleh pihak BPPT secara Telekonferensi melalui aplikasi Unindex, selanjutnya BPPT menerbitkan sertifikat tanda tangan elektronik untuk Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri yang selanjutnya dalam penerapannya diberlakukan dengan Surat Keputusan Ketua Pengadilan Negeri Pelaihari Nomor W15.U10/ 226.1/SK/KPN.Pli/ 5/2021 tanggal 10 Mei 2021 tentang Pemberlakuan Penggunaan Tanda Tangan Elektronik (Digital Signature) Tersertifikasi di Pengadilan Negeri Pelaihari.Fungsi/ Penggunaan

Mendukung pengembangan program inovasi layanan berbasis IT

WhatsApp_Image_2022-03-09_at_090712.jpeg - 65.60 kB

WhatsApp_Image_2022-03-09_at_090722.jpeg - 23.18 kB

5. SIBERAT (Sistem Informasi Bersih dan Terawat)

SIBERAT yaitu singkatan dari Sistem Informasi Bersih dan Terawat merupakan sebuah aplikasi berbasis website yang dapat diakses dengan jaringan wifi lokal Pengadilan Negeri Pelaihari yang merupakan aplikasi pencatat/ceklist kebersihan ruangan pada Pengadilan Negeri Pelaihari.


6. SIMPEL PAGI (Sistem Informasi Layanan Pengadilan Negeri Pelaihari)

Merupakan sebuah pendigitalisasian brosur layana pada bidang Kepaniteraan Pengadilan Negeri Pelaihari yang dapat dilakukan dengan cara scan barcode layanan yang telah disediakan di website Pengadilan Negeri Pelaihari untuk dapat mengetahui semua bentuk informasi layanan yang ada pada Kepaniteraan Pengadilan Negeri Pelaihari.

WhatsApp_Image_2022-03-09_at_093448.jpeg - 230.78 kB  


7. e-SUSAN (e-Form Permohonan Salinan Putusan)

Merupakan sebuah inovasi dalam mempermudah pengguna layanan Pengadilan Negeri pelaihari dalam mendapatkan Informasi maupun data pada layanan kepaniteraan Hukum melalui form yang dapat diunduh pada Drive yang ada pada Website Pengadilan Negeri Pelaihari dan telah disediakan persyaratan yang harus dipenuhi agar pengguna layanan dapat dengan efisien dalam melakukan permohonan informasi.

WhatsApp_Image_2022-03-09_at_095226.jpeg - 42.72 kB


Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech